Rabu, Oktober 17, 2007

Tips Setiba di Kampung Halaman

Trik Umum, Oleh-oleh
Bawakan oleh-oleh untuk sanak saudara. Usahakan semua orang mendapatkan bagian, meski sekedar gantungan kunci atau bros kecil. Pilih oleh-oleh yang tidak ada dan tidak bisa dibeli di kampung halaman jadi terkesan unik dan ekslusif.

Pandai Memuji
Siapa yang nggak senang dipuji? Maka tebarlah pujian di keluarga besar, tetangga dan para sahabat. Kuncinya, jeli melihat perubahan yang terjadi sekecil apapun!

Hormati Yang Tua
Dengarkan! Orang tua biasanya sangat suka didengarkan. Cobalah ikhlaskan hati untuk mendengar segala cerita dan menunda berbagi pengalaman sendiri. Jangan Cuma manggut-manggut, tapi beri respons positif yang menandakan kita mendengarkan mereka.

Sayangi Yang Muda
Beri perhatian! Walaupun anak kecil gampang dikibulin, kita harus tetap perhatian dan sayang kepada mereka. Supaya senang, ingat namanya, puji prestasinya dan berikan uang saku tambahan secukupnya. Tapi, jangan penah memberikan pemahaman yang salah dan doktrin yang nggak-nggak!

Adaptasi Selera
Ini khusus untuk sobat seumuran! Perhatikan selera mereka, cepat beradaptasi dan sesuaikan jati diri kita dengan mereka. Berikan informasi-informasi aktual dan terkini, tapi juga jangan terlalu mendominasi pembicaraan. Kalau perlu kita yang lebih banyak bertanya, merendahkan diri meninggikan mutu.

Silaturahmi
Ini yang terpenting! Mudik selain untuk melepas rindu bertemu sanak saudara, juga untuk menjaga silaturahmi setelah sekian lama tak bersua. Dahulukan untuk mengunjungi famili-famili terdekat, sobat-sobat lama dan orang-orang yang pernah singgah dalam hidup kita, seperti guru dan mantan pacar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin Pencari Kata

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails