Rabu, April 16, 2008

Sahabat, Bunga Di Taman Hati

Friends are the flowers in the garden of the heart. Sahabat adalah bunga-bunga di Taman Hati. Deuuu...

Mencari teman itu susah-susah mudah… Mengutip lagu Bung Haji Rhoma Irama, Lebih mudah mencari teman untuk suka ria daripada untuk bersedih bersama. Hidup tanpa teman ibarat sayur tanpa garam. Hambar, nggak ada rasanya. Lagi sedih, menangis sendiri. Hiks. Padahal kita butuh a shoulder to cry on. Giliran senang, teretawa sendiri. Wakakakakak. Seharusnya Happy bareng-bareng! Ini baru sahabat sejati namanya. Selalu ada saat kita butuh mereka dan sebaliknya, kita selalu ada saat mereka butuh kita.

Jangan salah memilih teman, karena teman adalah cermin diri kita. Kata Rasulullah, bila kamu ingin tahu tentang seseorang, lihatlah siapa yang menjadi temannya. Berarti bagaimana orang lain menilai siapa kita sebenarnya, tinggal melihat siapa saja yang berada di sekeliling kita, teman-teman kita. Rasulullah SAW bersabda: “Orang itu mengikuti agama teman dekatnya; karena itu perhatikanlah dengan siapa ia berteman dekat.” (HR Tirmidzi)

Memilih teman ibarat memilih ingin dekat dengan penjual minyak wangi atau penjual ikan asin. Kalo banyak berteman dengan penjual minyak wangi, kita akan kecipratan wanginya. Tapi kalo kita lebih sering main dengan penjual ikan asin, otomatis kita ikut terkena bau amis. Wah, bisa-bisa dikejar kucing garong! Meouw

Ada tiga tips untuk mencari teman yang baik. Pertama, cari teman yang aman buat kita. Ya iyalah, jangan sampe kamu punya teman tapi bawaannya was-was mulu. Sedikit lengah, HP or dompet raib diembat. Jangan sampai keberadaan teman juga justru akan mencoreng nama baik dan kredibilitas.

Kedua, menyenangkan buat keduanya. Maksudnya dia kita bawaannya asyik buat berteman. Jangan malah sebaliknya. Kalo bertemu dia, kita justru kesal, bawaanya bete terus dan maunya bertengkar. Teman apa musuh? He4x

Lalu yang Ketiga, bermanfaat buat keduanya. Maksudnya yang bisa buat dihutangin, disusahin, dimintain uang, gitu? Ya nggaklah! Bermanfaat maksudnya persahabatan itu memberikan efek positif buat keduanya, meningkatkan wawaan, menambah jaringan dan menciptakan peluang-peluang baru. Syukur-syukur kalau bisa saling mengisi kekurangan masing-masing. Pokoknya bermanfaat dunia akhirat deh...

Seperti kata Rasulullah, kita nanti akan dibangkitkan dengan orang-orang yang kita cintai. Sabda beliau, “Seseorang akan dikumpulkan dengan orang yang dicintainya” (HR Bukhari dan Muslim dari Anas, Abu Musa, dan Ibnu Mas'ud). Jadi siapa yang jadi teman kita di dunia, harapannya jadi teman pula di akhirat kelak.

Musuh dapat lebih berguna dibandingkan teman karena teman sering memaafkan kelemahanmu. Sedangkan musuh selalu memperhatikan kelemahanmu” (Leo Tolstoy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin Pencari Kata

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails