Kamis, Agustus 02, 2007

Agar Jangan Dibenci Teman


Jika percakapan seru yang berlangsung di kantin tiba-tiba terhenti karena ada seseorang yang datang, itu tandanya orang itu nggak disukai teman-temannya. Orang kerap dikucilkan karena nggak atau belum dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Dan, menjalani hari-hari sendiri tanpa teman sangatlah nggak menyenangkan! Karenanya, kita harus belajar dan pandai-pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan. Ada beberapa trik simpel untuk memiliki banyak teman;

Pertama, jangan sok you know atau sok tahu! Sifat ini sangat dibenci dan dijauhi karena bisa menyebabkan orang lain merasa digurui. Selain itu, orang lain juga perlu kesempatan berekspresi. Dan, salah satu bentuknya adalah menceritakan apa yang pernah dilaluinya dan berbagai pengalaman. Maka jadilah pendengar setia yang baik. Jangan pernah mendominasi pembicaraan, cobalah untuk tidak terlalu menonjol dalam setiap percakapan.

Kedua, harus banyak bergaul. Gaul man gaul! Sesuaikan diri dengan lingkungan sekitar kita. Tapi ingat, selama hal itu adalah situasi yang positif. Jika teman-teman kita nggak merokok, maka kita harus mengurangi bahkan menghapuskan kebiasaan merokok. Jika teman-teman selalu belajar kelompok, maka jangan pernah melewatkan waktu berkumpul itu. Begitu seterusnya.

Ketiga, pandai-pandailah menyimpan rahasia. Keep the Secret. Jika ada teman curhat, itu tandanya dia mulai mempercayai kita. Jangan sampai kepercayaan itu dikhianati dengan menyebar gosip yang nggak banget! Pilahlah mana-mana yang harus dikubur dalam-dalam dan hanya menceritakan kebaikan sobat-sobat kita. Lagipula nggak semua orang suka gosip dan penggosip. Sebab, mereka juga tak ingin menjadi korban gosip berikutnya.

Keempat, kita harus tahu kapan harus berpihak dan kapan berhadapan atau berbeda pendapat. Kita pasti takkan disukai jika tiap kali ada orang lain yang mengungkapkan pendapat, kita menentangnya. Boleh saja berbeda pendapat, tapi simpan hasrat itu hanya untuk hal-hal yang prinsip saja. Apalagi menjurus ke debat kusir yang tak ada habisnya, hindari itu!


Kelima, kita harus selalu sehat jasmani dan rohani. Rawat kebugaran fisik dan jaga kebersihan hati. Karena dimanapun orang culas, licik dan penipu takkan pernah mendapatkan tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin Pencari Kata

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails