Sabtu, Agustus 25, 2007

Tangkal Patah Hati

Jangan biarkan sudut-sudut matamu berkeringat, apalagi air mata! Tarik nafas dalam-dalam. Tarik perlahan lewat hidung, tahan, hembuskan perlahan lewat mulut. Begitu terus, tarik, tahan, hembuskan! Tarik, tahan, hembuskan! Usahakan tersenyum, sehingga walau hati panas, kepala tetap dingin.

Sudah tenang? Sekarang, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan sebelum bisa merekatkan keping-keping hati yang sedikit berserakan – bukan hancur lebur atau bahkan porak poranda loh! Toh, dunia belum akan kiamat koq! Berikut beberapa tips penting yang harus kamu baca, perhatikan dan renungi untuk kemudian dilakukan, supaya kamu nggak perlu lama-lama mellow dan akhirnya demen dengerin lagu-lagunya Kangen Band. Sekarang kau pilih, diriku atau dirinya ... Hiks.

Hapus Kesedihan!
Sebenarnya seh, kamu nggak perlu buru-buru melupakan semua yang terjadi. Sedih ya sedih! Berikan waktu satu dua hari untuk merenung. Bahasa kerennya kontemplasi. Merenungi semua yang terjadi, mengevaluasi apa-apa yang telah dilewati, jujur pada hati nurani. Tapi jangan kayak Wiro Sableng ya, terus kamu bersemedi, bertapa dan nyari wangsit di Gunung Gede!

Teriak sepuas-puasnya juga bisa jadi pelampiasan koq. Tapi harus pada tempat dan waktu yang sesuai loh! Nggak sembarangan. Lihat orang mirip doi, teriak. Dengar lagu kenangan, teriak. Atau kalau nonton sinetron yang kisahnya rada-rada mellow, teriak! Makan pempek sambil digendong, Capek dong...

Saat nonton konser band yang paling anyar, kamu bisa teriak sepuasnya. Pergi ke Dufan atau taman bermain dan naik wahana-wahana yang menegangkan, kamu juga bisa teriak kenceng-kenceng! Karena dengan teriak, sebagian beban dan rasa sedih kamu bisa berkurang loh. Hilang, terbang, bersamaan dengan hilangnya teriakan yang dibawa angin. Coba deh!

Lupakan Masalah!
Jangan didramatisir! Jangan pernah merasa kamu makhluk paling merana di Indonesia, di Asia atau bahkan didunia! Nggak perlu terus menerus menganggap hanya masalahmu yang paling gede. Ini akan bikin kamu makin terpuruk. Buka hati, buka pikiran dan coba untuk lebih santai. Enjoy aja! Masalah besar harus dianggap kecil dan masalah kecil harus dianggap bukan apa-apa. Nah, urusan patah hati itu masuk kategori masalah kecil, seperti kutu di badan gajah.

Apalagi kalau kamu harus mengurung diri, ngelamun, serasa hidup sendiri. Dipanggil nggak nengok, disapa nggak jawab, dicubit nggak terasa. Bengong aja! Hati-hati, bisa kesambet loh! Hehe4x... Percuma mengingat-ingat masa lalu yang pahit, getir, menyakitkan. Kalau kata TOFU, lupakan saja semua rasa cinta yang ada! Anggap tak pernah ada sesuatu antara kalian berdua. Cukup jadikan semua yang telah terjadi sebagai pengalaman, guru yang terbaik. Flashback hanya akan bikin pikiran semakin mumet dan sakit hati.

Senyum, Tertawa, Ngakak
3 Hal diatas akan merubah muka kamu yang sebelumnya ditekuk, masam dan bermuran durja menjadi sedikit bersemu, lebih ceria dan terlihat bergairah. Nggak percaya? 3 hal diatas akan membuat otot-otot mukamu relaks dan mengurangi ketegangan syaraf disana-sini. Coba deh! Kamu bisa baca komik atau buku humor, nonton film kartun atau komedi dan bercanda dengan orang-orang terdekat kamu...

Masih kurang? Bikin sensasi, buat hidup kamu lebih berwarna! Buat sesuatu yang agak-agak abnormal dan sedikit konyol. Syaratnya, harus sesuatu yang berguna loh! Kamu bisa bantu pemda melakukan fogging seorang diri di kelurahanmu. Lumayan loh, selain untuk memperbesar otot, demam berdarah dengue (DBD) di lingkunganmu juga bisa berkurang.

Bisa juga kamu memborong pakaian dan buku saat diskon besar lalu dibagi-bagikan ke rumah singgah, panti asuhan atau yayasan yatim piatu. Hobi tersalur, bibir tersenyum dan hatimu pun bangga telah membuat sensasi yang berguna. Dan yang paling hebat, kamu bisa baca situs Museum Rekor Indonesia (MURI) dan pilih rekor mana yang bisa kamu pecahkan. Terus, lakukan! Dijamin semua orang terdekat dan keluargamu akan bangga!

HAVING FUN
Ini dia cara terakhir dan jurus pamungkas setelah semua tips tadi kamu lewati! Tanamkan niat untuk membahagiakan diri sendiri. Lupakan sejenak orang lain. Setelah niat, baru buat rencana dengan matang dan harus direalisasikan!

Gimana kalau KABAR – karaoke bareng? Seru tuh! Kamu bisa bernyanyi bersama teman-teman atau keluarga. Nggak peduli suara mau semerdu para peserta Idols dan KDI, atau mungkin juga separau burung gagak. Yang penting, ekspresikan diri! Nggak usah malu-malu. Anggap saja diri kamu Gita Goetawa atau Tompi. Waktunya pun bebas, karena hampir semua karaoke keluarga buka sampai tengah malam, jadi kamu bisa leluasa.

MIRC. Malam Ini si Romli Chatting lagee... Itu seh lagunya T-Five. Maksudnya, buka internet yuk! Sekedar kirim email, buka friendster atau chatting?!?! Ide bagus kan? Asal jangan buka situs yang neko-neko! Nanti bukannya otak jadi dingin justru makin panas. Hehe4x...

Busway Invation. Nggak usah dulu sering-sering naik mobil pribadi. Selain penghematan juga untuk cari suasana baru. Tapi juga nggak perlu naik kendaraan umum yang penumpangnya penuh sesak. Yang ada malah suntuk karena desak-desakan, atau dompet raib kecopetan. Hiks... Coba naik busway, jauh dekat cuma Rp. 3.500,-. Murah, meriah. Sekedar menyusuri beberapa koridornya sambil menikmati pemandangan yang dilewati. Atau turun di beberapa titik yang menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa turun di Ancol dan menghabiskan waktu di pantai. Turun di Monas dan mengunjungi Museum Gajah. Berhenti di ITC Cempaka Mas dan belanja murah. Apapun, seharian bersama Transjakarta, bis kebanggaan ibukota. Hehe4x...

Ganti Hobi. Nggak perlu drastis cukup ganti suasananya saja. Kalau dulu lebih suka lagu pop, coba sejenak beralih ke dangdut. Kalau dulu sering banget nonton film di bioskop, coba sekali-sekali nonton pementasan teater di Taman Ismail Marzuki (TIM) atau Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Kalau dulunya sering dugem, coba perbanyak berdoa. Siapa tahu dengan segala hal yang berubah, bisa memberi aura dan inspirasi baru. Ya nggak?

TP alias Tebar Pesona. Apa kata dunia nanti? Loh... nggak masyaalah! Nggak ada salahnya khan sekali-sekali menampilkan pesona diri kamu di depan orang banyak? Biar semua orang tahu siapa diri kamu! Ciee... Bisa dengan ganti penampilan dan beredar di tempat-tempat gaul Menghidupkan lagi kemampuan meramal dan rada-rada gombalnya. Atau, bahkan menelpon temen curhat, gebetan sampai mantan kamu. Siapa tahu justru ada yang nyambung? Gutlak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin Pencari Kata

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails