Jumat, Agustus 31, 2007

Cermat Memilih Sekolah...

Lihat SDM yang dimilikinya. Seperti; Guru berkualitas yang mengerti perkembangan anak, memiliki kemampuan interpersonal yang mumpuni dan mampu merangsang minat, bakat dan perilaku yang lebih baik lagi.

Hitung rasio murid dan guru! Jumlah yang tiak berimbang akan mempengaruhi fokus perhatian guru ke anak-anak didiknya.

Cermati program yang diajarkan. Pertimbangkan alternatif aktivitas/ ekstrakurikuler yang ditawarkan. Jangan sampai tuntutan yang diberikan terlalu tinggi bagi anak dan justru membuat mereka malas. Gali informasi sebanyak-banyaknya untuk menentukan aktivitas yang sesuai kebutuhan.

Perhatikan fasilitas sekolah yang diberikan, seperti tempat bermain, perpustakaan, laboratorium dan tempat ibadah. Namun tetap memperhitungkan kondisi keuangan kita, jangan dipaksakan.

Pertimbangkan lokasi dan jarak. Mengharuskan anak menempuh perjalanan yang jauh dan sangat lama akan mempengaruhi kondisi fisik mereka di sekolah. Belum lagi rawannya jalan yang akan mereka lalui dan ancaman penculikan.

Jangan memaksakan anak masuk kelas tertentu sesuai keinginan orang tua. Diskusikan dan serahkan ke pihak sekolah untuk menentukan kelas dan jurusan yang tepat dan tetap mempertimbangkan keinginan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin Pencari Kata

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails