Jumat, Agustus 31, 2007

Gim Pelihara Kesehatan Otak

Seiring bertambahnya usia, kemampuan berpikir otak seseorang akan semakin menurun! Guna menundanya, ada sebuah cara unik… Apa? Main Gim! DuhYap! Para ilmuwan mengungkapkan melatih otak dengan program komputer kemungkinan besar dapat menunda penurunan mental terkait pertambahan umur.

Gim, sejak lama mewarnai hidup para remaja dan orang-orang yang berjiwa muda. Namun, produsen gim saat ini semakin aktif membuat gim yang ditujukan bagi kaum tua. Dari hasil penelitian, dengan sedikit berlatih, sebuah gim yang diproduksi Nintendo dan Mattel Inc., kaum tua dapat meningkatkan kemampuan otak mereka.

Para peneliti membandingkan program latihan otak, yaitu Mindfit dengan gim komputer tradisional seperti Tetris. Penelitian melibatkan 121 sukarelawan diatas 50 tahun yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama menggunakan Mindfit dan kelompok kedua menggunakan gim tradisional.

Uniknya, kedua kelompok tersebut tidak diberitahu apakah mereka memainkan program latihan otak. Hasilnya menunjukkan, kedua kelompok mendapatkan manfaat. Namun, secara statistik, kelompok yang memainkan Mindfit memiliki peningkatan daya ingat jangka pendek, pembelajaran dan focus yang signifikan.

Ahli Saraf Nir Giladi berkata, kemampuan tersebut sangat membantu kaum lanjut usia ketika mengemudikan kendaraan dan mencegah mereka jatuh. Paling tidak, beberapa daerah kognitif meningkat setelah berlatih dalam waktu relatif pendek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin Pencari Kata

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails