Senin, Agustus 06, 2007

Bikin Hidup Lebih HIDUP

"Your successes and happiness are forgiven you only if you generously consent to share them. Kesuksesan dan kebahagiaan akan sangat berarti jika kau mau berbagi dengan orang lain." Albert Camus

Untuk dapat sekedar hidup, kita tidak perlu bersusah payah mencari peluang atau memikirkan bagaimana meningkatkan kualitas diri. Namun sebagai mahluk paling spesial diantara mahluk ciptaan Tuhan lain, kita wajib mendapatkan hidup yang berarti. Kita harus berupaya semaksimal mungkin. Pepatah bijak menyebutkan, "Find a meaningful need and fill it better than anyone else. Kejarlah sesuatu yang bermakna, dan gunakanlah tiap peluang yang ada lebih baik dari siapapun."

Ada beberapa langkah untuk membuat HIDUP lebih HIDUP.

Pertama, Memperbesar Kemauan Belajar
Manusia mempunyai pikiran yang luar biasa, maka gunakan pikiran itu untuk belajar menciptakan kemajuan-kemajuan dalam hidup. Kita dapat belajar dari berbagai hal, diantaranya belajar kepada pengalaman hidup, kegagalan, kejadian sehari-hari, orang lain dan sebagainya. Maka tingkatkan terus kemauan belajar.

Kedua, Berusaha agar lebih dekat dengan impian yang diidamkan
Bekerjalah lebih keras, lebih aktif atau produktif. Langkah ini sangat efektif dalam meningkatkan kemungkinan mendapatkan uang, kekayaan atau segala sesuatu yang berharga bagi manusia. Satu hal yang patut dijadikan pedoman bahwasanya kerja keras itu bukan semata-mata mengejar 5 P, yaitu power (kekuasaan), position (posisi), pleasure (kesenangan), prestige (kewibawaan) dan prosperity (kekayaan).

Setiap usaha yang hanya berorientasi kepada lima hal itu memang menjamin kesuksesan atau bahkan hasil yang melimpah ruah. Tapi tidak menjamin akhir yang menyenangkan. Di dunia ini tidak sedikit orang yang semula sangat sukses, merana di tahun-tahun terakhir kehidupannya. Kehidupan mereka seakan tidak berarti meskipun sebelumnya kaya raya. Upaya terbaik memang dapat menghasilkan kesuksesan besar, tetapi bukan berarti jaminan akhir kehidupan sebagai manusia yang penuh arti.

Langkah berikutnya adalah mengimbangi kerja keras dengan berbuat kebaikan
Seorang penulis abad 20-an yang berkebangsaan Perancis, Andre Gide, mendefinisikan kebaikan sebagai berikut; "True kindness presupposes the faculty of imagining as one's own the suf feri ng and joys of others. Kebaikan sejati adalah kemampuan merasakan penderitaan maupun kebahagiaan orang lain."

Kerja keras yang diimbangi berbuat kebaikan akan menghasilkan semangat tinggi untuk mendapatkan lebih dari apa yang dibutuhkan. Hal itu terdorong keinginan untuk dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Pada akhirnya kebaikan tersebut berpengaruh positif terhadap semangat hidup, motivasi, dan kemajuan sikap dan ekonomi.

James Allen, penulis buku berjudul As a Man Thinketh mengatakan, "Pemikiran serta perbuatan baik tidak mungkin mendatangkan hasil yang buruk; pemikiran dan perbuatan buruk tidak mungkin mendatangkan hasil baik." Dengan belajar, bekerja keras dan berbuat kebaikan maka kita akan dapat menciptakan kehidupan yang jauh lebih berarti.Langkah-langkah diatas terbukti sangat efektif menjadikan kesan positif tentang diri kita tidak mudah dilupakan orang. Saya yakin kita masih punya banyak kesempatan dan potensi untuk mendapatkan kehidupan berharga itu dimanapun dan apapun pekerjaan kita.

Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan kau hidup selamanya. Bekerjalah untuk akheratmu seakan-akan kau akan mati esok hari

Disarikan dari Make A Life, Not Merely A Living - Ciptakan Kehidupan, Bukan Sekedar Hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin Pencari Kata

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails